Sabtu, 25 Januari 2014

Perilaku Konsumen 2

Di tulisan saya sebelumnya, saya memaparkan apa itu konsumtif serta pola hidup konsumtif saya beserta tiga orang teman saya. Pada kali ini, saya akan memaparkan faktor-faktor (aspek-aspek) apa saja yang mempengaruhi tindakan kami saat pengambilan keputusan dalam membeli sebuah produk.

Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah :

Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
  • Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.  
  • Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya. 
  • Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.  


Menurut Kotler dan Armstrong (1996) terdapat dua faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Ø     Faktor eksternal 
Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategi, dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku. 
Ø     Faktor internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu. 

Saya sendiri pada saat membeli barang, seperti sepatu. Lebih banyak ke aspek afeksi, karena faktor kepribadian dan psikografis yang mendorong saya untuk membeli barang tersebut. Saya menilai barang tersebut berdasarkan selera yang ada pada diri saya.

Namun berbeda dengan teman saya Tommy, kebiasaan dia untuk membeli pomade lebih karena pengaruh lingkungan. Karena faktor utama nya adalah faktor trend yang sedang berkembang dibeberapa kalangan anak muda.

M. Rudito berbeda lagi, dia hobi berbelanja sepatu karena memang faktor tuntutan pekerjaan yang mengharuskan tampil trendy. Dan kemudian mempertimbangkannya dengan trend apa yang sedang berkembang di lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar