Minggu, 26 Januari 2014

iklan

Iklan menurut Wikipedia. Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Ada beberapa iklan yang menurut saya cukup menarik:
  1. Iklan TokoBagus.com. Toko bagus mengeluarkan beberapa versi untuk iklan di televisi. Seperti versi Barang Tak Terpakai Ada Dimana-mana?, Barang Tak Terpakai Bikin Susah?, dan Cara Tepat Jual Cepat. Agen advertising nya cukup cerdik dengan konsep yang cukup matang, sehingga maksud dari iklan tersebut sampai kepada pemirsa yang melihatnya.
  2. Dove versi Dove Real Beauty Sketches. Produk kecantikan ini sempat mengeluarkan campaign nya sekitar 9 bulan yang lalu. Campaign ini cukup menarik bagi saya pribadi, dove tidak mengiklankan langsung produknya. Tapi lebih kepada campaign tentang kecantikan manusia. Bagaimana kita sering menilai baik pada orang lain, tapi kita luput menghargai kecantikan yang dimiliki kita sendiri. Sehingga di akhir iklan ini, kita sadar akan diri kita sendiri dan mulai menghargai diri kita sendiri. Dan pada akhirnya kita tertarik untuk membeli produk tersebut, sebagai tanda kita menghargai diri kita.
  3. Iklan ketiga yang menarik perhatian saya adalah iklan Prudential Indonesia versi savings dan dreams. Kalau kita melihat iklan tersebut hanya untuk lucu-lucuan. Iklan ini cukup eyecatching, karena model iklan nya anak-anak kecil dan penuh dengan pola tingkah dan kepolosan mereka. Tapi secara commercial bussinnes, maksud dari iklan tersebut sangat kena. Yaitu bagaimana para orangtua mempersiapkan masa depan mereka. Sehingga saya mulai berpikir dan tertarik untuk menata dan memikirkan masa depan sejak dini.






source: http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar