Sabtu, 01 Juni 2013

Degradasi Bangsa (Tulisan Kewarganegaraan)

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki beranekaragaman suku, budaya  dan bahasa. Sehingga Negara lain pun tidak sanggup menyangkal nya. Karena Indonesia adalah satu Negara kepulauan di dunia ini yang di anugerahi kekayaan alam dan budaya. Kemudian bermuara menjadi budaya nasional Negara Indonesia. Selain itu sangat dipuji oleh Negara lain, karena rasa toleransi nya yang tinggi antar masyarakat nya serta keramah tamahan warga Indonesia. Di Indonesia, kita tidak hanya bisa melihat rasa toleransi akan budaya saja tetapi juga toleransi akan kepercayaan dan keyakinan.

Sedari kecil, kita sebagai warga Negara Indonesia telah mendapatkan pendidikan bertoleransi dan kebangsaan baik di bangku sekolah ataupun lingkungan, seperti yang diajarkan oleh orangtua.

Namun apakah ditahun 2013, di era globalisasi. Dimana seluruh pertukaran informasi dengan sangat mudah di peroleh dan sangat terbuka. Kita pun mudah mengetahui bangsa dan kebudayaan Negara lain. Apakah nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme kita masih sama seperti dahulu? Disaat para pemuda bertumpah darah membela Negara dengan mengatas namakan bangsa dan budaya.

Nyatanya para pemuda bangsa ini lebih bangga mengetahui kebudayaan Negara lain dan menurunnya nilai-nilai nasionalisme dalam dirinya. Dan tidak sedikit masyarakat Indonesia lebih bangga menggunakan produk luar negeri dibandingkan produk lokal. Kemudian saling berkelahi ketika satu suku bersinggungan dengan yang lain. Lupa akan nilai-nilai budaya dan kebangsaan yang mendasar.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budaya nya. Lalu apakah Indonesia akan menjadi bangsa yang besar, jika keadaan nya terus menerus. Semakin terjadinya degradasi rasa nasionalisme dan rasa kebangsaan.


Mari kita tumbuhkan lagi rasa kebangsaan dan rasa nasionalisme. Kita mulai dari para pemuda pemudi, yang cerdas dan kreatif. Kita bangun bangsa kita agar semakin maju. Kita cintai produk dalam negeri dan menjaga warisan budaya yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar