Kamis, 10 November 2011

India

India.. Siapa yang tidak mengetahui negara ini? semua pasti mengenalnya..
Dimulai dari film-film bollywood nya hingga kebudayaan dan kepercayaan masyarakat India yang masih sangat kental dan sangat terikat pada setiap masyarakatnya.


Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km, dan bagian dari anak benua India, India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. Dia membagi perbatasan dengan Pakistan, Republik Rakyat Cina, Myanmar. Banglades, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan.
India adalah sebuah kota kuno dan terletak dari peradaban kuno seperti Budaya Lembah Indus dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama dunia: Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada 1947.
Dari aspek sosial, agama, sejarah, India kuno telah dibuat pada sebuah kelompok yang berdiri kuat keyakinannya. Ada langkah-langkah yang tak terhitung jumlahnya, diambil dalam rangka untuk menanamkan nilai dalam masyarakat yang besar. Sejarah, kultur budaya dan agama memainkan peran paling penting dalam kehidupan masyarakat besar India. Kebudayaan tradisional India memiliki hirarki sosial yang relatif ketat. Sejak usia dini, anak-anak diajari tentang peran dan kedudukan mereka dalam masyarakat. Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap berperan penting dan tak terpisahkan dari kehidupan mereka.
Hal ini telah memungkinkan adanya sistem stratifikasi social, pembatasan kehidupan sosial atau biasa disebut dengan sistem kasta untuk cap posisi sosial dalam sejarah kuno India.
Sistem kasta adalah pembagian masyarakat berdasarkan perbedaan kekayaan, warisan peringkat atau hak istimewa, profesi pekerjaan atau ras. Kasta tersebut dibagi beberapa jenis, yaitu :
1.        Brahmana : Merupakan golongan pendeta atau rohaniawan, dalam suatu masyarakat. Sehingga golongan tersebut adalah golongan yang paling dihormati.
2.        Ksatriya : Merupakan golongan para bangsawan yang menekuni bidang pemerintahan atau administrasi negara. Ksatriya juga merupakan golongan para raja yang ahli dalam bidang militer atau persenjataan.
3.        Waisya : Merupakan golongan para pedagang, petani, nelayan dan profesi lainnya yang termasuk bidang perniagaan atau pekerjaan yang menangani segala sesuatu yang bersifat material seperti misalnya, makanan, pakaian, harta benda dan sebagainya. Yang menyangkut sandang, pangan dan papan.
4.        Sudra : Merupakan golongan bawah (para pelayan) yang bertugas membantu Brahmana, Ksatriya dan Waisya agar pekerjaan mereka dapat terpenuhi.


Tujuan awalnya pengkastaan ini adalah untuk pemurnian ras arya dan pembagian jenis pekerjaan. Sehingga, banyak masyarakat india diharuskan menikah dengan kasta yang sama. Dan mereka masih meyakini apabila menikah dengan kasta yang berbeda mereka yang melakukan pernikahan akan diusir. Di usir disini ada dua hal, yaitu : keluar desa dan atau menjadi kasta yang paling bawah, yaitu kasta varya. Dimana kasta varya adalah kasta yang tak boleh tersentuh. Sedangkan bangsa asli India itu sendiri adalah bangsa Dravida. Ras Arya itu sendiri adalah bangsa pendatang (india-jerman) dari eropa.
Meskipun hingga sampai saat ini, di India masih menerapkan sistem pengkastaan. Dan selain itu banyak perbedaan di hal yang lain, seperti keyakinan, ras, kebudayaan, Bukan berarti, dalam kehidupan bermasyarakat di India mengalami perpecahan. Mereka saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
Sehingga kebudayaan asli, kebudayaan yang berasal dari leluhur masyarakat India tetap ada dan sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat India hingga sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar