Di
tulisan saya sebelumnya, saya memaparkan apa itu konsumtif serta pola hidup
konsumtif saya beserta tiga orang teman saya. Pada kali ini, saya akan
memaparkan faktor-faktor (aspek-aspek) apa saja yang mempengaruhi tindakan kami
saat pengambilan keputusan dalam membeli sebuah produk.
Perilaku
Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar,
menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka.
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah :
Menurut
James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat
tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
- Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
- Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
- Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
Menurut
Kotler dan Armstrong (1996) terdapat dua faktor dasar yang mempengaruhi
perilaku konsumen yaitu faktor eksternal dan faktor internal.
Ø Faktor
eksternal
Faktor
eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial,
kebudayaan, marketing strategi, dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan
kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku
konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian
dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.
Ø Faktor
internal
Faktor-faktor
yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya
hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku
seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia
diperoleh dari mempelajari sesuatu.
Saya
sendiri pada saat membeli barang, seperti sepatu. Lebih banyak ke aspek afeksi,
karena faktor kepribadian dan psikografis yang mendorong saya untuk membeli
barang tersebut. Saya menilai barang tersebut berdasarkan selera yang ada pada
diri saya.
Namun
berbeda dengan teman saya Tommy, kebiasaan dia untuk membeli pomade lebih
karena pengaruh lingkungan. Karena faktor utama nya adalah faktor trend yang
sedang berkembang dibeberapa kalangan anak muda.
M.
Rudito berbeda lagi, dia hobi berbelanja sepatu karena memang faktor tuntutan
pekerjaan yang mengharuskan tampil trendy. Dan kemudian mempertimbangkannya
dengan trend apa yang sedang berkembang di lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar